Saturday, January 14, 2012

Belanda Pusing Cari Cara Manusiawi Sembelih Ayam

Industri pengolahan ayam Belanda meminta bantuan Universitas Wageningen untuk membantu mereka mengembangkan cara penyembelihan ayam yang lebih manusiawi, lansir Radio Nederland (13/01/2012).


Rumah potong ayam di Belanda kebanyakan memakai metode "air mandi" untuk membuat unggas-unggas itu pingsan sebelum dijagal. Sebuah metode yang mendapat banyak kritikan dari para pemerhati hak-hak asasi binatang di Belanda, karena dianggap tidak manusiawi.

Masalahnya, "Ayam-ayam itu digantung di gantungan yang terikat pada ban konveyer dengan kepala di bawah... Lalu kepala mereka dibenamkan ke dalam air ...yang disetrum listrik, sehingga membuat mereka pingsan. Tapi tidak semua ayam ini berhasil dibuat pingsan dengan baik," papar Jan Odink, ketua persatuan industri pengolahan unggas Belanda, kepada reporter Nederlandse Omroep Stichting, sambil menunjukkan cara kerja mesin konveyor membuat pingsan para unggas.

"Jadi karena kami tidak bisa menjamin ... maka kami meminta bantuan untuk menemukan cara baru," imbuh Odink.

Untuk memastikan ayam-ayam di rumah potong pingsan dengan baik, Univeritas Wageningen menyarankan agar setiap kepala ayam disetrum, dengan tegangan listrik yang tepat.

Namun, metode baru itu masih harus dikembangkan lebih lanjut dan belum dapat diterapkan dalam waktu dekat. Sehingga, para pejagal di rumah potong ayam masih harus memakai cara lama.

Tapi, Odink masih khawatir jika kejutan listrik yang dikenakan ke ayam-ayam itu akan terlalu tinggi.

Penggunaan tegangan yang lebih tinggi, katanya Odink, "akan membuat ayam-ayam itu mengalami pendarahan yang sangat parah. Sehingga ayam-ayam itu tidak akan bisa dijual."*

Makanya sembelih dengan cara islam okay 

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About