Wednesday, December 28, 2011

Daging Merah Picu Diabetes

-Konsumsi dua iris daging babi asap, sebuah hotdog atau deli meat (daging babi masak, kering, asap -- tapi kini juga terbuat dari jenis daging lain seperti daging sapi dan kambing) setiap hari dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 secara signifikan.



Para ahli kesehatan masyarakat di Harvard dalam penelitiannya yang dimuat di American Journal of Clinical Nutrition menyebutkan, setiap hari makan 50 gram daging merah olahan dapat meningkatkan resiko diabetes tipe 2 hingga 51%. Sedangkan mengkonsumsi daging merah bukan olahan sebesar kira-kira satu set tumpukan kartu, meningkatkan resiko diabetes tipe 2 sebesar 19%.

Namun, resiko itu akan turun jika daging merah tersebut diganti dengan makanan sumber protein berupa kacang-kacangan, daging putih, susu rendah lemak atau gandum utuh.

Data yang dimiliki para pakar kesehatan Harvard itu mereka dapatkan dari hasil kuesinoner lebih dari 204.000 orang di Amerika Serikat.

Diabetes menyerang hampir 350 juta orang dewasa di seluruh dunia. Lebih dari 11 persen di antaranya berusia di atas 20 tahun. Di Amerika Serikat, 25,6 juta orang mengidap penyakit diabetes, begitu menurut data Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS.

Diabetes tipe 2 merupakan penyakit kronis di mana dalam darah penderita terdapat kadar gula yang tinggi, yang seringkali disebabkan oleh obesitas, kurang olahraga dan kebiasaan makan yang tidak sehat.*

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About