Monday, December 31, 2012

Oposisi Tembak Jatuh Puluhan Pesawat Rezim Suriah

Pasukan oposisi Suriah berhasil menjatuhkan 19 pesawat tempur Mig dan 22 helikopter milik angkatan udara rezim Suriah sepanjang tahun 2012, kata Persatuan Komite Koordinasi Lokal Revolusi Suriah dalam laporan hasil surveinya, lansir Al-Arabiya (30/12/2012).
Sebelas pesawat dihancurkan di darat, saat oposisi menyerbu berbagai pangkalan udara di seluruh Suriah, dan 30 lainnya ditembak jatuh saat pesawat beroperasi.
Sebanyak 43 pesawat yang dihancurkan tercatat di Provinsi Idlib, tempat di mana jet tempur Mig pertama kali dilaporkan ditembak jatuh oleh oposisi.
Di Damaskus ada 16 pesawat yang dihancurkan, 8 di Aleppo , 7 di Deir Ezzour, 5 di Hama dan 2 di Homs.
Survei ini menunjukkan bahwa kemampuan pertahanan pasukan oposisi semakin baik.
Dari total 103 pesawat yang dijatuhkan sejak konflik dimulai tahun 2011, Komite mengatakan bahwa 83 pesawat yang tertembak jatuh atau dihancurkan di darat berhasil direkam.
Meskipun pasukan oposisi mendapatkan bantuan senjata dalam jumlah besar dari negara-negara asing, namun menurut pengamatan reporter Al-Arabiya, pesawat-pesawat rezim banyak yang dihancurkan dengan menggunakan senjata hasil rampasan dari pasukan pendukung Bashar al-Assad.
Free Syrian Army (FSA) mengandalkan senapan mesin anti serangan udara, termasuk Twin ZU-23, untuk menembak jatuh pesawat tempur rezim Assad. Senjata-senjata rampasan itu dulunya dipakai pasukan Suriah yang merupakan pemberian dari Uni Soviet pada tahun 1970-1980-an.*

No comments:

Post a Comment

 

Blogger news

Blogroll

About